Sabtu, 17 November 2018

SILABUS PERKULIAHAN LANDASAN PENDIDIKAN


1.        Indentitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah           : Landasan Pendidikan          
Kode Mata Kuliah           :
Jumlah SKS                     : 2
Semester                           : 1
Program Studi/ Jenjang    : MPI / S1
Dosen                               : Muhamad Kosim, S.Pd.I,M.Pd

2.        Kompetensi 
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan : 
a.    Memiliki wawasan yang komprehensif berkaitan dengan konsep landasan pendidikan.
b.    Memiliki wawasan tentang hakikat manusia dan pendidikan.
c.    Memiliki wawasan tentang landasan-landasan pendidikan. 
d.    Memiliki karakter sebagai calon guru yang bertanggung jawab, berilmu, beriman, dan bertaqwa kepada Allah SWT.
e.    Memiliki kepedulian yang tinggi untuk menindaklanjuti perjuangan dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu.
 
3.        Deskripsi Isi 
Mata kuliah landasan pendidikan ini terdiri dari beberapa pokok bahasan, yang meliputi konsep landasan pendidikan dan jenis-jenis landasan pendidikan yaitu pengantar perkuliahan landasan pendidikan, konsepsi dan makna landasan pendidikan, hakikat manusia dan pendidikan, pendidikan sebagai ilmu dan seni, landasan filosofis idealisme dan realisme, landasan filosofi pragmatisme dan scholatisisme, landasan filosofis kontruktivis me dan pendidikan nasional (pancasila), landasan psikologis pendidikan tentang pendidikan anak dan teori belajar makna belajar dalam pendidikan, landasan psikologis pendidikan tentang teori kepribadian, landasan biologi pendidikan dan pendekatan sosial  budaya Indonesia, landasan histori pendidikan Indonesia sebelum kemerdekaan (periode zaman purba hingga zaman pemerintahan kolonial belanda dan pendidikan yang diselenggarakan kaum pergerakan kebangsaan (nasional) dan pendidikan pada zaman militerisme jepang, landasan historis pendidikan Indonesia setelah kemerdekaan (periode orde lama, orde baru), landasan yuridis sistem pendidikan nasional, landasan pendidikan Indonesia orde reformasi (pengembangan sistem pendidikan masa depan).

4.        Pendekatan Pembelajaran 
Pendekatan
:
Ekspositori dan Inkuiri, Kooperatif serta Praktek.
Metode
:
Metode  yang bersifat interaktif yang mengacu pada model pembelajaran kooperatif dan kontekstual, ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi, pemberian tugas.
Tugas
:
Latihan menyusun makalah, dan mengikuti program tutorial.
Media
:
LCD Projector, Power point.

5.        Evaluasi 
Keberhasilan studi mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh : 
a. Prestasi yang bersangkutan dalam kehadiran minimal 80 % merupakan prasyarat bagi kelulusan mata kuliah.
b.   Partisipasi dalam kegiatan kelas (presentasi dan diskusi)
c.    Tugas dan latihan 
d.    UTS
e.    UAS
f.     Nilai Tutorial

6.        Rincian isi / topik perkuliahan
a.      Pengantar perkuliahan landasan pendidikan
b.      Konsepsi dan makna landasan pendidikan
c.      Hakikat manusia dan pendidikan
d.     Pendidikan sebagai ilmu dan seni
e.     Landasan filosofis idealisme dan realisme
f.      Landasan filosofi pragmatisme dan scholatisisme
g.     Landasan filosofis kontruktivis me dan pendidikan nasional (pancasila)
h.  Landasan psikologis pendidikan tentang pendidikan anak dan teori belajar makna belajar dalam pendidikan
i.      Landasan psikologis pendidikan tentang teori kepribadian
j.      Landasan biologi pendidikan dan pendekatan sosial  budaya Indonesia
k.   Landasan histori pendidikan Indonesia sebelum kemerdekaan (periode zaman purba hingga zaman pemerintahan kolonial belanda dan pendidikan yang diselenggarakan kaum pergerakan kebangsaan (nasional) dan pendidikan pada zaman militerisme jepang.
l.      Landasan historis pendidikan Indonesia setelah kemerdekaan (periode orde lama, orde baru)
m.  Landasan yuridis sistem pendidikan nasional, landasan pendidikan Indonesia orde reformasi (pengembangan sistem pendidikan masa depan).

7.        Daftar Pustaka
A. Supratiknya (1993) Psikologi Kepribadian I. Teori – teori Psikodinamik. Yogyakarta: Kanisius.
Arbi & Syahrun (1992) Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta : Depdikbud
Kartadinata. S & Dantes.  Ny (1977) Landasan-landasan Pendidikan SD. Jakarta: Depdikbud.
Kartini Kartono (2005) Teori Kepribadian. Bandung. Mandar Maju
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
M. Ngalim Purwanto (1990) Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda  Karya.
Mudyaharjo. R . (1995) Filsafat Pendidikan (sebuah studi akademik) bagian I Orientasi  umum : Landasan Filosofis Pendidikan dan Filsafat Pendidikan sebagai suatu Teori Pendidikan.  Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP IKIP Bandung.
Suparno. P (1997) Filsafat Konstrutivisme dalam pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Syam, M.N (1984) Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya : Usaha Nasional.
Syarifudin, Tatang & Nuraini (2006) Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.
Tim Pengajar Dasar-dasar Kependidikan (1989) Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Depdikbud.
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.





Garut,   September 2018
Ketua Prodi





Ahmad Najib Komarudin, M.Pd.I
Dosen Pengampu,





Muhamad Kosim, S.Pd.I,M.Pd

0 komentar:

Posting Komentar